Laman

Selasa, 27 Juli 2010

Kronologis Perang Dunia II

Kronologi Perang Dunia II
Sebelum Perang Dunia II pecah negara-negara fasis mulai menguasai wilayah-wilayah disekitarnya seperti Jepang menyerbu Manchuria (1931) dan China (1937), Italia Menyerbu Abessynia (1935), Jerman mengirim pasukan ke sungai Rhein. Disamping itu kelompok negara-negara fasis (Italia, Jerman dan Jepang) membuat pakta Anti Komintern (nov 1936) dan mengadakan konferensi Munich (sept 1938) dengan negara-negara liberal yang bertujuan mencegah bahaya komunisme Uni Soviet. Dalam konferensi Munich atas persetujuan Perancis dan Inggris wilayah Sudeten di Cekoslovakia menjadi wilayah Jerman. Akan tetapi Jerman melanggar hasil kesapakatan konferensi Munich, bahkan Jerman menuntut kota Danzig di Polandia agar dikembalikan ke Jerman. Apalagi Jerman juga mengadakan perjanjian rahasia dengan Uni Soviet tentang Pakta Nonagresi yang berisi:
- Jerman memperoleh Polandia Barat dan Lituania sedangkan Uni Soviet memperoleh Polandia Timur, Latvia, Estonia , Finlandia dan Bessarabia.
- Jerman dan Uni Soviet tidak akan saling menyerang.
Dengan menyerang kota Danzig, Jerman telah memulai Perang Dunia II, diikuti dengan Perancis dan Inggris yang menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September 1939. Kemudian muncullah dua blok yang saling bertentangan yaitu: Blok Axis (Sentral) yang beranggotakan Jerman, Italia dan Jepang dan Blok Sekutu yang beranggotakan Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Uni Soviet, RRC, Australia, Belgia, Belanda, Denmark, Norwegia, Mesir, Yugoslavia, Polandia dll.
Perang Dunia II berlangsung di kawasan Eropa, Afrika dan Asia-Pasifik terbagi menjadi beberapa perang antara lain:
a. Perang Dunia II di Eropa (1939-1945)
Dimulai dengan serangan Jerman ke kota Danzig dan dilanjutkan dengan menguasai Denmark, Norwegia, Belanda, Belgia, Luxembur, Perancis (Perancis pecah menjadi dua; Perancis merdeka dan Perancis Vichy) dan menyerang Inggris. Sedangkan Italia dengan dibantu Jerman melancarkan serangan ke Yunani dan Yugoslavia. Setelah menguasai sebagian besar Eropa, Jerman kemudian menyerang Uni Soviet, akan tetapi menghadapi Uni Soviet Jerman kalah di daerah Stalingrad. Sejak saat itulah secara berturut-turut Jerman selalu kalah dalam menghadapi sekutu. Sehingga dengan mudah sekutu menguasai kembali wilayah-wilayah yang pernah diduduki Jerman.
b. Perang Dunia II di Afrika (1940-1943)
Tahun 1940 Italia melakukan invasi ke Mesir, tetapi pasukan Inggris dapat menggagalkannya, sehingga Jerman mengirim bantuan pasukan dibawah Jendral Erwin Rommel (serigala padang pasir) dan berhasil memasuki Mesir. Tetapi karena Adolf Hitler masih sibuk menghadapi Uni Soviet, Inggris dibawah Letnan Jendral Montgomery dapat mengalahkan pasukan Jerman di Mesir. Sejak saat itu Inggris dengan sekutunya dapat membebaskan seluruh Afrika dari cengkraman Italia-Jerman pada tahun 1943.
c. Perang Dunia II di Asia-Pasifik
Tanggal 7 Desember 1941 Jepang menyerang pangkalan milliter Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawaii). Setelah menyerang Pearl Harbour Jepang berusaha menguasai wilayah di Asia-Pasifik seperti : kawasan Asia (Singapura, Filipina, Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand dan Indonesia) dan kawasan Pasifik (Kep. Kuril, Kep. Marshall, Gilbert, Laut Bismark, Irian Utara, Kep. Aleut, Midway, Kep. Carolina, Kep. Mariana, Kep. Solomon, Saipan, Guam dan Laut Koral). Menghadapi ekspansi Jepang sekutu bergabung dalam ABCD (American, British, China, Dutch) dan membentuk ABDACOM (American British China Dutch Australian Command). Bulan April 1944 pulau-pulau yang dikuasai Jepang mulai dapat direbut kembali oleh sekutu sampai kemudian sekutu membom atom Hirosima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Jepang kalah tanpa syarat kepada sekutu pada 14 Agustus 1945 dan secara resmi dilakukan di kapal Missouri di Teluk Tokyo pada tanggal 2 September 1945.

3. Akhir Perang Dunia II
Dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu maka berakhirlah Perang Dunia II kedua belah pihak membuat kesepakatan-kesepakatan antara lain:
a. Konferensi Postdam antara Sekutu dengan Jerman (2 Agustus 1945)
- Jerman dibagi 4 daerah pendudukan yaitu Jerman Barat dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis, sedangkan Jerman Timur dikuasai oleh Rusia (Uni Soviet).
- Kota Berlin dibagi dua yaitu Berlin Barat dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis, sedangkan Berlin Timur oleh Rusia (Uni Soviet).
- Kota Danzig dikembalikan ke Polandia.
- Penjahat perang harus dihukum.
- Jerman harus membayar ganti rugi perang.
b. Perdamaian Paris antara Sekutu dengan Italia (Februari 1947)
- Semua jajahan Italia di Afrika Utara diambil Inggris
- Daerah Italia diperkecil.
- Italia harus membayar kerugian perang.
- Abessynia dan Albania dimerdekakan kembali.
- Trieste menjadi negara merdeka dibawah PBB.
c. Pertemuan Missouri antara Sekutu dengan Jepang (2 September 1945)
Pertemuan ini merupakan pernyataan menyerah tanpa syarat Jepang kepada Sekutu.

Perubahan-perubahan yang terjadi di dunia setelah terjadi Perang Dunia II antara lain:
1. Bidang politik
- Amerika Serikat dan Uni Soviet menjadi dua negara besar.
- Perebutan pengaruh antara Amerika Serikat (blok barat-NATO) dan Uni Soviet (blok timur-Pakta Warsawa).
- Hancurnya imperialis di Asia-Afrika.
- Munculnya negara-negara baru yang merdeka.
- Terbentuknya PBB.
2. Bidang Ekonomi
- Ekonomi dunia mengalami kemerosotan/kerusakan.
- Sarana dan prasarana (gedung, jembatan, jalan raya dll) hancur.
- Amerika Serikat menjadi negara penyumbang pinjaman.
3. Bidang Sosial
- Perang Dunia II menelan jutaan korban jiwa.
- Kemiskinan, kelaparan dan penyakit ada dimana-mana.
- Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar